Cari

Selasa, 09 April 2013

"Virus Shortcut Yang Bikin Jengkel"

"OMG...Flashdisk Ane kena virus!! File-file nya kok jadi shortcut semua? Dibuka datanya kosong"
Teriak temen saat mencoba colokin flashdisk ke Komputer kantor.

Kemudian dengan bijaksananya temen ane yg satunya nyaranin, "Coba flasdisk lu colokin ke komputer lain, sama gak.?"

Ane bantu tuh temen ane yg udah kaya mo pingsan. Ane colokin dah flashdisk kesayangannya itu
ke komputer lainnya.

'Waaaoooww,, Amazing. Folder-
foldernya jadi shortcut semua, dibuka jg datanya kosong.."

Wuaduh,, dalam hati deg-degan juga nih.
Data-data penting materi kuliah dia hangus dong.
Kasian.

Merenung..........
Merenung..........
Pegang dahi,,, sambil fokus ke langit-langit kantor..

Ting...!!!
Akhirnya nemu juga solusinya,,
(bayangin seolah2 ada bola lampu yg menyala di atas jidat ane).

Jadi gini Gan.
Entah bagaimana ceritanya, setiap flashdisk yang dicolokin ke komputer kantor di seluruh departemen tempat ane nyari recehan itu. Itu foldernya/filenya bakalan disulap jadi shortcut.
Dan amazingnya lagi dibuka shortcutnya lenyaplah data-
datanya.

Entah itu faktor disengaja oleh
petugas IT, demi menjaga data-data di komputer-komputer kantor. Atau emang terkena virus shortcut..
Wallahu 'alam....

Teringat saat belajar command prompt waktu TK dulu, Ane diajarin bagaimana menampilkan kembali folder yg berubah jadi shortcut dan mengembalikan lagi data yang hilang (tepatnya di umpetin).

Ok langsung aja:

1. Klik start kemudian cari menu Run, atau lebih simplenya tekan tombol logo Windows+R

2. Ketikkan: CMD

3. Mulai berselancar, jika flasdisknya berada di F, maka ketikkan F:
jika di E, ketikkan E:
jadi tergantung dimana lokasi partisi flasdisk.
Kemudian tekan ENTER.

4. Ketik: dir (tekan ENTER)

5. Ketik: attrib -s -h -r /s /d (tekan ENTER), jangan salah ketik ya, jgn lupa spasi.

6. Ketik: exit ,ENTER

sekarang buka Eksplorernya/buka flashdisknya.....

Taaarrraaaaaaaaaa.....

Alhamdulillah datanya bisa dibuka.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar